Mengenai Saya

Senin, 28 April 2008

Asal muasal Peribahasa "minta tanduk kepada kuda"

Asal Mula Peribahasa
"Minta Tanduk Kepada Kuda"
Pada Zaman dahulu kala kuda memiliki tanduk. Percaya ga?? Pasti enggak!!! Yaudah daripada lama-lama simaklah kembali kejayusan saya !!!
Suatu pagi di hutan yang lebat banyak pohon sama binatangnya terus ada danaunyua ada gunungnya juga tapi ga ada pasar malemnya, hiduplah seekor kuda gagah, keren, gede(apanya??), maskulin, pokoknya gitu dehh!! Para binatang memuja-muja dia karena keelokkanya dan karena tanduknya (tu kan ada tanduknya!! ga percaya sihh!!). Namun sayang ternyata kuda itu menjadi conklak,, eh.... salah,, congkak.
Di pagi hari berikutnya, Singa si Raja Hutan kembali mengadakan pertemuan tapi bukan buat bikin panitia lomba baris-berbaris kayak waktu itu, dan kali in yang ga dateng ada tiga!! Hayo tebak siapa aja!!! yang pertama unta, dia ga dateng karena udah digusur sama satpol pp hutan dan pindah ke gurun pasir, yang kedua Anjing karena dia masih ngejar-ngejar kucing (baca : Unta), yang ketiga udah pasti si Kucing yang ngumpet di atas pohon mangganya tetangga gw. Oiya,,rapat kali ini mau ngebahas tentang proyek tata kota (baca : hutan).
Singa berkata,"Rakyat2ku,,ada yang punya usul ga buat bikin hutan kita ini menarik??". Kemudian Burung Jalak berkata "hamba punya paduka,, gimana kalo kita maksimalkan sarana transportasi, misalnya bikin Biswaey (baca:busway), waterway, dan monorail. pasti banyak wisatawan yang dateng,Paduka!!". "GuwoBBLLoookgHHH!! Loe pikir sekarang ni zaman apa?? loe ga baca apa di awal cerita ada bacaan pada zaman dahulu kala!!" kata Singa Marah-marah.
Kemudian suasana sidang memanas. terdengar bisik-bisik sana-sini pada ngegosipin Singa dan merencanakan kudeta. Setelah keadaan benar-benar tidak terkendali, Kuda angkat tangan (gimana caranya??) para binatang terkagum-kagum dengan keberanianya berpendapat dan Kuda pun berkata "Baginda...Hamba...Izin mau Kebelakang udah kebelet ni....". Para binatang yang Takjub menjadi muntah-muntah, 3 Hewan luka berat, 10 hewan Luka ringan, 5 korban jiwa sisanya baik-baik saja.
"yaaa...Ampiyuuuunnn kirain apa!!yaudah sana buruan,,daripada lapangan sidang jadi banjir" Jawab Singa. Tak lama kuda nyari pohon yang gede dan tersembunyi untuk memenuhi hasratnya. Dia menemukan pohon yang ideal untuk di singgahi. Pohonya deket sungai, serta lebat jadi ga ada yang bisa ngintip.
Pada saat itulah Kuda berpikir,,"kenapa hutan ini ga dibikin Jamban aja". Setelah hasratnya terpenuhi ia berlari ke ruang sidang untuk segera menyampaiken usulnya kepada raja. Raja menyetujuinya dan menetapkan Proyek Pembangunan JAMBAN HUTAN .
Esok harinya proyek langsung digalakan dengan Kuda sebagai ketua panitia. Semula para binatang menaatinya karena kharismanya. Tapi lama kelamaan kuda menjadi otoriter,bengis, keji, jahat, bandel, dan tidak suka menabung. Saat berang - berang membangun pondasi di pinggir sungai, Kuda malah menghancurkanya dengan tanduknya alasanya pondasinya jelek. Saat para binatang betina menyiapkan konsumsi, dia malah menhancurkanya dengan tanduk kali ini alasanya dia mau bikin rujak belebek. Saat yang lain kerja,Dia malah asyik mainan tanduk. begitulah sampai proyek selesai.
Akhirnya para binatang yang kesal membentuk sebuah konspirasi ilegal. Mereka membahas tentang Kuda. Kemudian merujuk dari hasil musyawarah, mereka sepakat untuk mencabuttanduk si Kuda. Mereka membuat rencana yang sangat hebat.
Malam harinya mereka mampir ke rumah Kuda. Mereka mengajak bincang-bincang sambil minum waen (baca:wine). Setelah Kuda mabuk, secara sigap mereka mencabuk tanduk si Kuda."Hadddwwwohhhhh,,,SAKIT !!" Kuda menjerit kesakitan. kemudian mereka meninggalkan kuda yang lagi teler dan kesakitan.
"gimana kalo tanduk ini buat monyet" kata kancil."jangan,,nanti susah kalo gw lagi manjat pohon." kata Monyet. "terus gimana dong??" kata kancil. mereka berpikir untuk mencari binatang yang layak menyandang tanduk.
Lama kemudian,"AHA !! Kasiin Rusa aja!!! dia kan pendiem dan ga jahat" kancil bilang. mereka semua setuju.
Sejak saat itulah Rusa jadi punya tanduk.........
Maka dari Itu muncul peribahasa "Jangan Minta Tanduk Kepada Kuda" karena daripada minta mendingan cabut aja.
TAMAT
Satu hal yang perlu diinngat.....Proyek Jamban Di gusur karena gak punya IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

4 komentar:

ikan pembawa hura-hura mengatakan...

woooiii!!!


apaan tuh!

tapi lumayan buat kocok perut!

oranganehmenulis mengatakan...

dasar fabel mania.....

tapi bener juga ya gus....

gimana kalo hutannya dijadiin jamban semua...setuju nggak!?!?!

jazzjazz mengatakan...

*speechless*

lemes ka bagus...g bisa ngomong apa2an..

supernichanemon mengatakan...

gus.. terus kenapa kucing doyan makan ikan ?
tapi katanya kucing juga doyan makan burung ?
kadang2 juga ada kucing makan tikus.

sebenarnya kucing makan apa ? kenapa beliau sangat serakah ?